Nutrisi Penolong Sementara Untuk Perokok



Nutrisi Penolong Sementara Untuk Perokok [ www.BlogApaAja.com ]

Menghisap rokok sudah diketahui dapatmenyebabkan berbagai penyakit kronis. Sayangnya, memang tak mudah untuk dapatberhenti dari kebiasaan tersebut. Meski jalan terbaik adalah berhenti merokok,namun ada beberapa nutrisi yang setidaknya dapat mengurangi dampak racun rokok.



Mengonsumsi makanan yang sehat danseimbang dapat membantu memerangi penyakit-penyakit kronis pada perokokterutama pada paru-paru. Tapi tetap saja solusi terbaik sebenarnya adalahberhenti menghisap puntung tembakau tersebut.

Berikut beberapa makanan yang mengandungnutrisi penolong sementara bagi para perokok, seperti dilansirLivestrong :

1. Vitamin C



Vitamin C merupakan antioksidan kuat yangbiasanya hilang karena efek rokok. Antioksidan seperti vitamin C membantumenangkis radikal bebas yang merusak sel paru-paru sehat.

Menurut Linus Pauling Institute, perokokharus mengonsumsi tambahan vitamin C. Pria perokok harus mengonsumsi 125 mgvitamin C per hari, sedangkan perokok perempuan 110 mg setiap hari. Contohmakanan yang banyak mengandung vitamin C antara lain melon, jeruk, mangga,brokoli dan kale.

2. Omega-3



Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematiandan cacat pada perokok. Makanan yang mengandung lemak omega-3 dapatmencegah pembentukan sel kanker di paru-paru, menurut sebuah laporan Agency forHealthcare Research and Quality.

Makanan yang banyak mengandung omega-3 antaralain ikan berminyak seperti ikan tuna, kedelai, minyak zaitun extra virgin,kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Teh hijau



Teh hijau adalah minuman sehat kayaantioksidan jenis khusus yang disebut dengan polifenol. Menurut laporanInternal Medicine Reviews, perokok yang tidak mengonsumsi teh hijau memilikilebih dari sepuluh kali lipat peningkatan dalam kanker paru-paru biladibandingkan dengan yang minum setidaknya 1 cangkir teh hijau tiap hari.

4. Buah-buahan



Buah-buahan berwarna gelap seperti blueberry,raspberry dan jeruk kaya akan antioksidan. Mengonsumsi antioksidan padabuah-buahan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut Free Radical Research, blueberry memerangiaktivitas enzim yang dikenal sebagai enzim angiotensin-converting, yangmenyebabkan kerusakan pembuluh jantung. Selain itu, blueberry mengurangi jumlahstres oksidatif dalam tubuh perokok. Stres oksidatif mempromosikan pembentukansel kanker dan penyakit jantung.


Follow On Twitter