Ternyata Islam Udah Ada Di Amerika Jauh Sebelum Colombus Menemukannya



Klaim sejarah Barat yang menyatakan Columbussebagai penemu benua Amerika patut dipertanyakan kembali. Banyak faktabelakangan ini ditemukan, umat Islam telah memberi kontribusi jauh sebelumpelaut Spanyol tiba di tanah impian.

Pengakuan ini diungkapkan oleh beberapasejarawan. Fareed H. Numan dalam American Muslim History A ChronologicalObservation menyebut, "Tak perlu diragukan lagi, secara historis kaum Muslimintelah memberi pengaruh dalam evolusi masyarakat Amerika beberapa abad sebelumChristopher Columbus menemukannya."

Ternyata Islam Udah Ada Di Amerika Jauh Sebelum Colombus Menemukannya [ www.BlogApaAja.com ]

Sejarawan Ivan Van Sertima dalam They CameBefore Columbus membuktikan adanya kontak antara Muslim Afrika dengan orangAmerika asli.

Yang sangat mengejutkan, Van Sertimamengungkapkan bahwa Columbus kagum kepada penduduk Karibia sudah beragamaIslam.

"Columbus juga tahu bahwa Muslim dari PantaiBarat Afrika telah tinggal lebih dulu di Karibia, Amerika Tengah, Selatan danUtara," papar Van Sertima.

Menurutnya, Columbus pun mengaku melihatsebuah masjid saat berlayar melalui Gibara di pantai Kuba.

Mengenai pernyataan Van Sertima, selain bisadibaca pada buku yang disebut di atas, juga pada karyanya yang lain, AfricanPresence in Early America.

Dr. Barry Fell, arkeolog dan ahli bahasa dariHarvard University menulis dalam Saga America, bahwa Islam telah membangunperadaban di benua tersebut jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa. Sehinggamemengaruhi banyak hal, termasuk bahasa. Sebagai contoh, bahasa yang digunakanorang Pima dan bahasa Algonquina, perbendaharaan katanya banyak yang berasaldari bahasa Arab.

Fell juga menemukan berbagai tulisan tua dalambahasa Arab, sepperti yang ditemukan di Inyo, negara bagian California tertulis"Yasus bin Maria".

Ternyata Islam Udah Ada Di Amerika Jauh Sebelum Colombus Menemukannya [ www.BlogApaAja.com ]

"Ini bukan fase Kristen," cetus Fell.Penggunaan kata "bin" memang berasal dari budaya Arab. Ia juga menemukandiagram serta peta yang dipahat di batu yang digunakan untuk kepentingansekolah. Temuan itu bertarikh antara tahun 700 hingga 800 M. Bahasa pengajaranyang ditemukan itu menggunakan tulisan Arab Kufi dari Arika Utara.

Dalam Muslim in the Americas Before Columbus,penulis Youssef Mroueh memaparkan penuturan Mahir Abdal-Razzaaq El. SiapakahMahir? Ia adalah orang indian dari suku Cherokee yang menganut agama Islam.

Menurut Mahir, penjelajah Muslim telah datangke tanah kelahiran suku Cherokee hampir lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Youssef juga menulis pemimpin suku Cherokeepada tahun 1866 adalah seorang pria bernama Ramadhan Bin Wati. "Di AmerikaUtara, sekurangnya terdapat 565 nama suku, perkampungan, kota dan pegununganyang akar katanya berasal dari bahasa Arab," papar Youssef.

Bicara tentang Cherokee tentu, saja tidak bisalepas dari Sequoyah, seorang asli suku Cherokee yang menghidupkan kembaliSyllabary suku mereka pada 1821.

Syllabary adalah semacam aksara barangkali,bila kita mengenalnya dengan abjad A sampai Z maka suku Cherokee memiliki carasendiri untuk aksara-nya. Yang membuatnya sangat luar biasa adalah ternyataaksara yang ditemukan kembali oleh Sequoyah mirip sekali dengan aksara Arab

Ternyata Islam Udah Ada Di Amerika Jauh Sebelum Colombus Menemukannya [ www.BlogApaAja.com ]

Fakta lain yang meyakinkan dapat dilacak diArsip Nasional atau Perpustakaan Kongres. Kesepakatan 1987, atau Treat of 1987mencantumkan bahwa orang Amerika asli menganut sistem Islam dalam bidangperdagangan, kelautan, dan pemerintahan. Arsip negara bagian Carolinamenerapkan perundang-undangan seperti yang diterapkan bangsa Moor.

Satu lagi fakta dalam sebuah dokumen China,yakni Dokumen Sung mencatat perjalanan pelaut Muslim ke sebuah wilayah bernamaMu-Lan-Pi. Kata ini mengartikan: Amerika.

Maka, jangan heran bila banyak nama tempat dankota yang menggunakan kata-kata berakar dari bahasa Arab.

Di wilayah Los Angeles, kita bisa menjumpaikawasan bernama Alhambra. Kata ini serupa dengan istana yang dibangun peradabanIslam di Cordoba.

Di Amerika bagian tengah, dari wilayah selatanhingga Illionis juga terdapat nama-nama kota bernuansa Islami seperti: Albany,Andalusia, Attalla, Lebanon, dan Tullahoma.

Ternyata Islam Udah Ada Di Amerika Jauh Sebelum Colombus Menemukannya [ www.BlogApaAja.com ]

Menurut Dr. A. Zahoor, nama negara bagianAlabama berasal dari kata "Allah Bamya". Sedangkan Tennesse dari kata"Tanasuh".

Selain itu ada pula yang frontal menjadikannama Arab sebagai nama kota, seperti Mecca di Indiana, Medina di Idaho, Medinadi New York, Medina dan Hazen di North Dakota, Medina di Ohio, serta Medina diTexas.

Di luar dari Amerika Serikat, tepatnya diwilayah Amerika Selatan terdapat nama Jamaika dan Kuba. Kata Kuba, kemungkinanbesar berakar dari kata Quba - masjid pertama yang dibangun Rasulullah.


Follow On Twitter